Monday, May 23, 2011

MENARA KEMBAR PETRONAS

Sejak diresmikan tahun 1998, rekor Menara Kembar Petronas sebagai bangunan tertinggi di dunia tidak terpecahkan hingga tahun 2004. Kedigdayaan, menara kembar ini baru runtuh setelah hadirnya Taiwan 101, yang menggeser posisi Petronas. Namun, untuk ukuran menara kembar, sampai saat ini, Petronas masih mengukuhkan dirinya sebagai yang tertinggi di dunia.


Menara Petronas didesain oleh Cesar Pelli dari Argentina, dan menelan masa 7 tahun untuk menyelesaikannya. Menara ini didirikan di atas bekas arena balap kuda di Kualalumpur. Pondasinya dibangun di kedalaman 120 meter, yang saat itu juga menjadi pondasi terdalam di dunia. Untuk menyelesaikan pondasinya saja memakan waktu 12 bulan sebelum bagian atasnya dibangun.


Menara setinggi 88 lantai itu atau 452 meter itu, dibuat dari baja bertulang dengan konsep bangunan yang terinspirasi dari seni bangunan Islam, yang dimaksudkan sebagai cerminan wajah Islam yang moderat di Malaysia. Untuk menyelesaikan dua menara itu, Pemerintah Kerajaan Malaysia mempercayakan pada dua kontraktor pelaksana. Menara 1 dikerjakan oleh Hazama Corporation yang merupakan konsorsium dari Jepang, sedangkan menara kedua dikerjakan oleh Samsung, Kukdong Enginering dari Korea.


Di lantai dasar bangunan ini terdapat pusat perbelanjaan Suria KLCC, yang terbesar di Malaysia. Selain pusat perbelanjaan dan perkantoran, Menara Kembar Petronas juga dikelilingi Taman seluas 69.000 meter persegi. Di sekitar taman terdapat jogging track, taman rekreasi, air mancur yang dihiasi berbagai warna lampu dan taman bermain anak anak. 


Kedua menara itu dihubungkan dengan jembatan di udara, di tingkat 41 dan 42, sehingga menjadi jembatan tertinggi di dunia. Jika diukur dari permukaan tanah, jembatan itu tingginya 170 meter, dengan panjang 58 meter dari menara 1 ke menara 2, dengan berat 750 ton. Jembatan ini dapat dilintasi oleh masyarakat awam secara cuma cuma alias tidak dipungut bayaran, dengan catatan harus mengambil tiket terbatas hanya untuk 1700 orang setiap hari.


Sejak tahun 1998, Menara Kembar Petronas, menjadi salah satu daya tarik wisata di Malaysia. Ribuan pengunjung hampir setiap hari datang dan mengagumi keindahan arsitektur bangunan yang didominasi warna Perak ini.***(ahsan andi husain)

No comments:

Post a Comment