Thursday, June 23, 2011

RESENSI BUKU 'NGUPING SELEBRITI'

‘Tingkah Polah Selebriti, Yang Luput Dari Infotainment’

Judul Buku : ‘Nguping Selebriti’
Penulis : Very Barus
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Peresensi : Ahsan Andi Husain

Tuntas dalam 2 jam melumat habis buku ‘Nguping Selebriti’ karya Very Barus ini. Sudah lama pengen membacanya, pertama karena rasa penasaran, kedua karena gue adalah bagian dari isinya, ketiga karena hampir semua inisial yang disebutkan gue kenal dan keempat karena penulisnya memiliki telinga yang lebih tajam dari ‘silet’.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang sangat ringan, tapi isinya tidak seringan bahasanya, padat dan layak dipercaya. Butuh kedekatan personal antara penulis dengan nara sumbernya untuk melahirkan buku seperti ini, dan itu dimiliki oleh sang penulis. Tapi yang pasti, tidak butuh banyak energi untuk membaca buku ini, seperti narator infotainment yang membacakan narasi dengan berapi api dan penuh tekanan, tapi isinya teryata settingan.

Membaca buku ini, ibarat menguliti hal hal klenik yang dimiliki oleh para pesohor negeri ini (meminjam idiom yang sering dipake salah satu infotainment). Buku terbitan Gramedia ini, mengupas hingga kulit terdalam kehidupan para selebriti, yang membuat pembaca terperanjat dan dengan segera tersadar, bahwa ‘oh ternyata artis juga manusia’, tak luput dari saling menguping, saling mengintip dan saling menggosip.

Bagi pencinta tayangan infotainment, yang terbiasa mendengar pujian dan sanjungan pada para selebriti itu, maka buku ini seperti membuka mata penonton infotainment lebih lebar lagi, bahwa kehidupan mereka, tak kurang dan tak lebih dari manusia biasa. Jika infotainment hanya mengupas hingga kulit ari, maka buku ini ibarat mengupas sampai lapisan Dermis kehidupan selebriti. Parah kan ?

Mungkin bagi orang awam yang tidak bergelut di dunia infotainment, akan dibuat terbelalak oleh isi buku ini. Penasaran dan menebak nebak inisial para artis yang disamarkan, tapi akan lebih terbelalak lagi dengan tingkah dan  polah mereka di dunia nyata. Ini bukan gosip, tapi realita yang luput dari pemberitaan dan sorotan kamera, karena untuk melahirkan buku seperti ini tidak dibutuhkan kamera, tapi hanya sepasang kuping yang jago menguping sumber dan orang orang dekatnya.

Sebagai salah satu sumber yang banyak memberi inspirasi dalam isi buku ini (teuteup... emang penulis doang yang butuh sanjungan ?), gue sempat deg degan, tidur tak kenyang, makan tak lelap, gara gara penasaran dengan isinya. Takut, hasil kupingan penulis dari cerita cerita yang tidak gue sadari direkam sama dia, ketahuan oleh orang yang dirumpiin. Tapi sekali lagi ini fakta, bukan opini apalagi khayalan yang kebetulan belaka, seperti opening sinetron.

Sambil ngopi atau nongkrong di kedai kedai kopi berbandrol kelas atas, buku ini layak dijadikan teman. Paling tidak, pembaca akan punya bahan cerita yang eksklusif, alias belum pernah dipirsa atau didengar oleh penonton infotainment. Tapi, anda silahkan menerka nerka, siapa tahu orang yang ada dalam buku ini adalah idola anda yang selama ini membuai dengan penampilan dan imejnya di layar kaca.****

Catatan :
Peresensi sudah meresensi buku sejak kelas 1 SMA. Terakhir meresensi buku, menjelang lulus sarjana tahun 1998. Ini adalah resensi pertama sejak vakum meresensi buku selama 13 tahun. Maka layak berbanggalah penulis buku ini hahahahaha..

1 comment:

  1. good resensi..... sama komplitnya dengan buku yg dia baca... membaca resensi ini sama seperti membaca tuntas buku Nguping Selebriti...hehhehehehhe..

    thank u Nyet...!!!!

    ReplyDelete